Memelihara Ayam Kampung


Dari kecil aku emang suka memelihara binatang. Mulai dari segala macam unggas, burung2-an, ikan, kelinci dll yg biasa dipelihara orang. Tapi karena waktuku sedikit banget buat ngurusin binatang2 piaraan, jadi nggak bisa deh pelihara hewan. Takutnya nggak keurus jadi terlantar kayak ayam-ayamku doeloe yg akhirnya pada tidur sembarangan di pohon. Kaya ayam liar deh.. yg akhirnya habis gara2 flu burung beberapa waktu lalu. Padahal ayam2 itu udah dipelihara turun-temurun sejak aku kecil dan bersejarah karena asal mula seekor induk pertama adalah pemberian dari nenekku.
Nah… karena akhir-akhir ini aku banyak waktu luang jadi kuputuskan untuk mulai piara ayam kampoeng. Mulai dari beli seekor ayam jago dan ayam betina. Tapi setelah aku pikir-pikir ternyata memelihara ayam menguntungkan juga. Walaupun takut juga sich sama yg namanya flu burung yg sempat berjaya membasmi berjuta ayam dan menggemparkan dunia beberapa waktu lalu.
Akhirnya aku bikinin kandang sederhana dg pagar luas yg mengelilinginya di belakang rumah. Mulai sedikit demi sedikit aku menambah jumlah ayamku dengan membeli 9 ekor induk betina dan sekitar 100 ekor anak ayam (kuthuk dlm bahasa jawa).
Udah beberapa minggu aku pelihara dan beberapa anak ayam udah mulai besar tapi ada beberapa yg mati. Yg jelas bukan karena flu burung.
Semoga aja beberapa bulan ke depan semua berjalan lancar hingga panen.
Niatnya sich dari sekedar hobi dibuat lebih menguntungkan. Jadi itung-itung waktu ga’ sia2 cuma buat hobi.

Artikel terkait:

* Peluang Usaha Pembesaran Ternak Memanfaatkan Moment Hari Raya

* Lagi Hobi Beternak Entok

* Peluang Usaha Budidaya Keong

* Memelihara Ayam Kampung

Artikel lain:
* Stop Dreaming Start Action

WWW.GZON.US MENCARI PEMILIK

Tinggalkan Balasan

